Selamat Datang di Portal Pendidikan

kurikulum



KURIKULUM

SD HATI BERIMAN SALATIGA 




DINAS PENDIDIKAN KOTA SALATIGA 

PROVINSI JAWA TENGAH

TAHUN PELAJARAN 2016/2017




KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Ta’ala yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya, sehingga selesainya penyusunan Kurikulum SD Hati Beriman  Salatiga.
Kewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan sekolah dan kondisi daerah. Sekolah memiliki cukup kewenangan merancang dan menentukan hal-hal yang akan diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar, dan menilai keberhasilan belajar mengajar.
Kurikulum SD Hati Beriman Salatiga berisi visi, misi, dan tujuan sekolah, struktur kurikulum, muatan kurikulum, pengaturan beban belajar, criteria ketuntasan minimal, dan criteria kenaikan kelas serta kelulusan.
Penyusunan Kurikulum SD Hati Beriman Salatiga mendapatkan banyak bimbingan dan masukkan dari berbagai pihak, untuk itu kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada berbagai pihak.
Kurikulum SD Hati Beriman Salatiga yang kami susun ini, tentu masih banyak kekurangan, maka saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan. Mudah-mudahan kurikulum ini bermanfaat dan berdaya guna sebagai pedoman sekolah, khususnya di SD Hati Beriman Salatiga untuk tahun pelajaran 2016/2017.







Salatiga, 31 Agustus 2015


Tim penyusun



DAFTAR ISI

Halaman Judul 1
Pengesahan 2
Kata Pengantar 3
Daftar isi 4
BAB I : Pendahuluan  6
A. Rasional  6
1. Prinsip Pengembangan Kurikulum 7
2. Prinsip Pelaksanaan Kurikulum 8
B. Pengertian kurikulum 10
C. Visi, Misi, dan Tujuan 10
BAB II  : Sruktur dan Muatan Kurikulum 12
A. Struktur Kurikulum 12
B. Muatan Kurikulum 15
1. Mata Pelajaran 15
a. Pendidikan Agama 15
b. Pendidikan Kewargaraan 15
c. Bahasa Indonesia  15
d. Matematika 16
e. IPA 16
f. IPS 17
g. Seni Budaya dan Keterampilan 17
h. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 17
2. Muatan Lokal 18
a. Bahasa Jawa 18
b. Bahasa Inggris 18
c. Bahasa Arab 18
3. Pengembangan Diri 18
4. Pengaturan Beban Mengajar 19
5. Kriteria Ketuntasan Mengajar 19
6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan 20
a. Kenaikan Kelas 20
b. Kriteria Kelulusan 21
BAB III : Kalender Pendidikan 22
BAB IV : Penutup 25


BAB I
PENDAHULUAN

A. Rasional
Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,yang  bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mengembangkan fungsi tersebut pemerintah menyelenggarakan suatu Sistem Pendidikan Nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Pendidikan Nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu, dan relevansi serta efisiensi manajemen pendidikan. Pemerataan kesempatan pendidikan diwujudkan dalam program wajib belajar 9 tahun. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olahhati, olahpikir, olahrasa dan olahraga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya  alam Indonesia. Peningkatan efisiensi manajeman pendidikan dilakukan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah dan pembaharuan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.
Implementasi  Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dijabarkan ke dalam sejumlah peraturan antara lain Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah ini memberikan arahan tentang perlunya disusun dan dilaksanakan delapan standar nasional pendidikan, yaitu: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar  pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.
Desentralisasi pengeloalaan pendidikan diharapkan memenuhi kebutuhan dan kondisi daerah, bentuk nyata dari desentralisasi pendidikan adalah diberikannya wewenang kepada sekolah untuk mengambil keputusan berkenaan dengan pengelolaan pendidikan, antara lain dalam pengelolaan kurikulum baik dalam penyusunan maupun pelaksanaannya.
Pengembangan kurikulum yang beragam mengacu kepada standar nasional pendidikan yang menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. standar pendidikan nasional terdiri dari atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, dan penilaian. Standar isi dan standar kelulusan merupakan acuan utama dalam pengembangan kurikulum.


1. Prinsip Pengembangan Kurikulum
Kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah dikembangkan oleh sekolah dan komite sekolah berpedoman pada tandar kompetensi lulusan dan standar isi serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip berikut.
a. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.
b. Beragam dan terpadu
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan keragaman karakteristik peserta didik, kondisi daerah, dan jenjang serta jenis pendidikan, tanpa membedakan agama, suku, budaya dan adapt istiadat, serta status social ekonomi dan gender. Kurikulum meliputi substansi komponen muatan wajib kurikulum, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan yang bermakna dan tepat antar substansi. 
c. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, tegnologi, dan seni
Kurikulum dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berkembang secara dinamis, dan oleh karena itu semangat dan isi kurikulum mendorong peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara tepat perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.


d. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan melibatkan pemangku kepentingan  (stakeholders) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan. Termasuk didalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan dunia kerja. Oleh karena itu, pengembangan keterampilan pribadi, keterampilan berpikir, keterampilan social, keterampilan akademik, dan keterampilan vokasional merupakan keniscayaan.
e. Menyeluruh dan berkesinambungan
Substansi kurikulum mencakup keseluruhan dimensi kompetensi, bidang kajian keilmuan dan mata pelajaran yang direncanakan dan disajikan secara berkesinambungan antara semua jenjang pendidikan.
f. Belajar sepanjang hayat
Kurikulum diarahkan kepada proses pengembangan, pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. Kurikulum mencerminkan keterkaitan antara unsure-unsur pendidikan formal, nonformal dan informal, dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang serta arah pengembangan manusia seutuhnya. 
g. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
Kurikulum dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kepentingan nasional dan kepentingan daerah harus saling mengisi dan memberdayakan sejalan dengan motto Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
 Dalam pelaksanaan Kurikulum di setiap satuan pendidikan menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :
a. Pelaksaan Kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik untuk mengetahui kompetensi yang berguna bagi dirinya. Dalam hal ini peserta didik harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu, serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan dirinya secara bebas, dinamis dan menyenangkan.

b. Kurikulum didasarkan dengan menegakkan kelima pilar pelajar, yaitu: (a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

c. Pelaksanaan Kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan atau percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.

d. Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat, dengan prinsip tut wuri handayani, ing madya mangun karsa, ing ngarsa sang tuladha ( di belakang memberikan daya dan kekuatan, di tengah membangun semangat dan prakarsa, di depan memberikan contoh dan teladan).
e. Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistatregi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, dengan prinsip alam takambang jadi guru (semua yang terjadi, tergelar dan berkembang di masyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan semesta dijadikan sumber belajar, contoh dan teladan).

f. Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, social dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan  muatan seluruh bahan kajian secara optimal.


g. Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenis serta jenjang pendidikan.



B. Pengertian Kurikulum, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

1. Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
Kurikulum SD Hati Beriman Salatiga adalah Kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan oleh SD Hati Beriman terdiri dari visi misi, tujuan, struktur, muatan kurikulum, kalender pendidikan, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran.

2. Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan / atau kelompok mata pelajaran / tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, pokok pembelajaran, indicator, penilaian, alokasi waktu dan sumber / bahan / alat belajar. Silabus merupakan penjabaran sistem kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok / pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dan indicator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajar, sumber belajar dan penilaian hasil belajar.

C. Visi, Misi, dan Tujuan SD Hati Beriman Salatiga 

1. Visi
“Terbentuknya Generasi Pecinta, Penghafal dan Pengamal Al Qur’an
2. Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan Islam yang memadukan Kurikulum Pendidikan Nasional dan Pesantren 
2. Menyelenggarakan pendidikan Islam yang melibatkan orang tua dalam pembentukan budaya belajar
3. Menyelenggarakan pendidikan yang menerapkan akhlaq - akhlaq Islam dalam keseharian
4. Menanamkan keimanan dengan   memahamkan   dasar - dasar agama Islam
5. Menyelenggarakan pembelajaran yang menyenangkan dengan metode, Research and Discovery melalui eksplorasi dan observasi dalam setiap tema.
6. Menanamkan kemandirian dengan menerapkan pembiasaan keseharian seperti kehidupan yang sesungguhnya.



3. Tujuan
Sebagai sekolah Islam, SD Hati Beriman Salatiga bertujuan:
1. Mendidik generasi bangsa, khususnya yang beragama Islam, dalam bidang agama dan 
   ilmu pengetahuan umum 
2. Menjadikan SD Hati Beriman sebagai sekolah yang berkualitas dalam ilmu - ilmu 
   Al Qur’an
  



BAB II
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A. Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan yang dituangkan dalam kompetensi yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan beban belajar yang tercantum dalam struktur kurikulum. Kompetensi yang dimaksud terdiri atas satandar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan berdasarkan satandar kompetensi lulusan. Muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri merupakan bagian integral dari struktur kurikulum pada jenjang pendidikan dasar.
1. Struktur Kurikulum SD/MI
Struktur kurikulum SD Hati Beriman Salatiga  meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan enam tahun mulai kelas I sampai dengan Kelas VI. Struktur kurikulum SD Hati Beriman Salatiga disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
a. Struktur kurikulum SD Hati Beriman Salatiga memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada tabel 2.
Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada.
Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
b. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS pada SD Hati Beriman Salatiga  merupakan “ IPA 
 Tauhid” dan IPS Tauhid
c. Pembelajaran pada Kelas I s.d III dilaksakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada Kelas IV s.d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
d. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum.
e. Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 35 menit.
f. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-38 minggu.
Struktur Kurikulum SD Hati Beriman Salatiga  dibagi menjadi 2 bagian yaitu, Kurikulum kelas bawah yang meliputi kelas 1, 2, dan 3. Kurikulum kelas atas diperuntukkan bagi kelas 4, 5, dan 6.
1.1 Struktur Kurikulum Kelas Bawah
Struktur Kurikulum Kelas bawah yang meliputi kelas 1, 2, dan 3  menggunakan pendekatanTematik. Struktur Kurikulum dengan pendekatan Tematik memuat tiga komponen yaitu pelajaran tematik, muatan lokal, dan program Unggulan. Berikut tabel struktur kurikulum dengan pendekatan mata pelajaran. 

NO
KOMPONEN
KELAS I
KELAS II
KELAS III
A
Mata Pelajaran



1
Tematik meliputi :
PAI
Bahasa Indosesia
PKN
IPA
IPS
SBK
10
10
10
2
Matematika
8
8
8
3
Pendidikan Jasmani
2
2
2
B
Pelajaran Unggulan 



1
Al Qur’an 
30
30
30
2
Bahasa Arab 
6
6
6
C.
Muatan Lokal



1
Bahasa Inggris 
1
1
1
2
Bahasa Jawa 
1
1
1

Jumlah
58
58
58


1.2 Struktur Kurikulum Kelas Atas
Struktur Kurikulum Kelas atas yang meliputi kelas IV dan V menggunakan pendekatan Mata Pelajaran. Struktur Kurikulum dengan pendekatan mata pelajaran memuat tiga komponen yaitu mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri. Berikut tabel struktur kurikulum dengan pendekatan mata pelajaran. 

NO
KOMPONEN
KELAS IV
KELAS V
A
Mata Pelajaran


1
Pendidikan Agama Islam
2
2
2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
3
Bahasa Indosesia
4
4
4
Matematika
6
6
5
Ilmu Pengetahuan Alam
2
2
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
2
2
7
Seni Budaya dan Ketrampilan
2
2
8
Pendidikan Jasmani
2
2
B
Program Unggulan


1
Tahfidz Al Qur’an 
28
28
2
Bahasa Arab
6
6
C.
Muatan lokal


1
Bahasa Inggris
1
1
2
Bahasa Jawa 
1
1

Jumlah
58
58










NO
KOMPONEN
KELAS VI
A
Mata Pelajaran

1
Pendidikan Agama Islam
4
2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
3
Bahasa Indosesia
10
4
Matematika
12
5
Ilmu Pengetahuan Alam
10
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
4
7
Seni Budaya dan Ketrampilan
2
8
Pendidikan Jasmani
2
B
Program Unggulan

1
Tahfidz Al Qur’an 
12
2
Bahasa Arab
6
C.
Muatan lokal

1
Bahasa Inggris
2
2
Bahasa Jawa 
2

Jumlah
58


B. Muatan Kurikulum
1. Mata Pelajaran
a. Pendidikan Agama bertujuan untuk:
Menumbuhkembangkan aqidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengalaman, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkmbang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah Subhanahuwa Ta’ala
Mewujudkan manusia Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, beredisiplin, bertoleransi, (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan social serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
b. Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menggapai isu kewarganegaraan 
Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta anti-korupsi ;
Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasrkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung 
   maupun tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
c. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis ;
Menghargai dan bangga menggunakan bahsa Indonesia sebagai bahasa perastuan dan bahasa Negara ;
Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan;
Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial ;
Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa ;
Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
d. Mata Pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien dan tepat, dalam pemecahan masalah ;
Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan Matematika ;
Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh ;
Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah ;
Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
e. Mata Pelajaran IPA bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
Memperoleh keyakinan terhadap Tuhan Yang maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya ;
Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ;
Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat ;
Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, mencegah masalah dan membuat keputusan ;
Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan alam ;
Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan ;
Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP / MTs.
f. Mata Pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecah masalah dan ketrampilan dalam kehidupan sosial.
Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
g. Mata Pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan ;
Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan ;
Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan ;
Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal , regional, maupun lokal.
h. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktifitas jasmani dan olahraga yang terpilih ;
Meningkatkan pertumpbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik ;
Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar ;
Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung didalam pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan ;
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis ;
Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran , terampil serta memiliki sikap yang positif.
2. Program Unggulan 
a. Tahfidz Al Qur’an 
 Tujuan :
Mencetak para pecinta, penghafal dan penjaga Al Qur’an tingkat dasar.
Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap Al Qur’an.
Memupuk tanggungjawab untuk melestarikan para tahfidz tingkat dasar.
Membekali peserta didik untuk memiliki jiwa para alim ulama dalam menghormati Al Qur’an.
.
c.  Bahasa Arab
Mengembangkan kompetensi hafalan, berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk memahami Al qur’an. 
Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya Bahasa Arab untuk memahami agama Islam. 



3.  Muatan Lokal 
Bahasa Jawa
 Tujuan :
Mengembangkan kemampuan dan keterampilan berkomunikasi peserta didik dengan menggunakan Bahasa Jawa ;
Meningkatkan kepekaan dan penghayatan terhadap karya sastra Jawa ;
Memupuk tanggungjawab untuk melestarikan hasil kreasi budaya jawa sebagai salah satu unsur kebudayaan nasional ;
Mengenalkan seni suara jawa dalam rangka melestarikan budaya lokal ;
Membekali peserta didik untuk memiliki jiwa seni dan kehalusan budi melalui pembelajaran seni suara daerah.
.
c. Bahasa Inggris 
Mengembangkan kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan dalam konteks sekolah.
Memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya Bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global

4. Pengaturan Beban Belajar
Beban belajar yang digunakan adalah sistem paket sebagaimana tertera dalam  struktur kurikulum, yaitu :
Kelas
Satu jam Pembelajaran tatap muka / menit
Jumlah jam pembelajaran per-minggu
Minggu Efektif per-tahun ajaran
Waktu pembelajaran / jam per-tahun
I
35
58
36
2088
II
35
58
36
2088
III
35
58
36
2088
IV
35
58
36
2088
V
35
58
36
2088
VI
35
58
36
2088


5.  Kriteria Ketuntasan Minimal
5.1 Kriteria Ketuntasan Minimal Kelas Bawah
NO
KOMPONEN
KELAS I
KELAS II
KELAS III
A
Mata Pelajaran



1
Tematik meliputi :
PAI
Bahasa Indosesia
PKN
IPA
IPS
SBK
75
75
75
2
Matematika
70
70
70
3
Pendidikan Jasmani
80
80
80
B
Pelajaran Unggulan 



1
Al Qur’an 
90
90
90
2
Bahasa Arab 
85
85
85
C.
Muatan Lokal



1
Bahasa Inggris 
70
70
70
2
Bahasa Jawa 
70
70
70




















  5.2 Kriteria Ketuntasan Minimal Kelas Atas
NO
KOMPONEN
KELAS IV
KELAS V
KELAS VI
A
Mata Pelajaran



1
Pendidikan Agama Islam
75
75
75
2
Pendidikan Kewarganegaraan
75
75
75
3
Bahasa Indosesia
75
75
75
4
Matematika
70
70
70
5
Ilmu Pengetahuan Alam
75
75
75
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
75
75
75
7
Seni Budaya dan Ketrampilan
75
75
75
8
Pendidikan Jasmani
80
80
80
B
Program Unggulan



1
Tahfidz Al Qur’an 
90
90
90
2
Bahasa Arab
80
80
80
C.
Muatan lokal



1
Bahasa Inggris
75
75
75
2
Bahasa Jawa 
75
75
75

6. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
a. Kenaikan Kelas
1. Kenaikan kelas dilaksanakan satuan pendidikan pada setiap akhir tahun.
2. Siswa dinyatakan naik kelas, apabila yang bersangkutan telah mencapai kriteria   ketuntasan minimal (KKM).
3. Siswa dinyatakan harus mengulang di kelas yang sama bila, 
a) Jika siswa tidak menuntaskan standar kompetensi dasar lebih dari empat mata                      pelajaran sampai pada batas akhir tahun pelajaran, dan                                
      b) Jika karena alasan yang kuat, misal karena gangguan kesehatan fisik, emosi atau 
           mental sehingga tidak mungkin berhasil dibantu mencapai kompetensi yang                                 
        ditargetkan
4. Ketika mengulang di kelas yang sama, nilai semua siswa untuk indikator, kompetensi dasar dan kompetensi ketuntasan minimumnya sudah dicapai, minimal sama dengan yang dicapai pada tahun sebelumnya.

b. Kriteria Kelulusan 
1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
2. Memperoleh nilai minimal Baik untuk seluruh kelompok mata pelajaran: Agama dan Akhlak Mulia, kewarganegaraan, dan kepribadian, estetika, jasmani olah raga dan kesehatan.
3. Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Lulus Ujian Nasional.
5. Lulus Ujian Terbuka Untuk Tahfidzul Qur’an





BAB III
PENUTUP

Kurikulum ini merupakan sebuah dokumen yang akan menjadi kenyataan seperti yang diharapkan apabila dilaksanakan dalam bentuk proses belajar-mengajar yang baik. Proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang dapat membangkitkan aktifitas dan kreativitas siswa. Pembelajaran di sekolah dasar bersifat mendidik dan mencerdaskan.
Para guru hendaknya dapat  menciptakan proses pembelajaran yang mengasyikkan, menyenangkan, dan menantang sehingga siswa dapat mengikuti secara optimal.
Dengan spirit seperti itu, Kurikulum SD Hati Beriman Salatiga menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan di SD Hati Beriman Salatiga.



Salatiga, 31 Agustus  2015

Menyetujui Kepala Sekolah
Ketua Yayasan Hati Beriman                        


Muhammad Khoirul Huda, S.Pd.I                Ahmad Tumidi, S.Pd.I




Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN

Statistik Blog

 
Support : dzulAceh | DownloadRPP | BerintaNanggroe
Copyright © 2015. SD HATI BERIMAN SALATIGA - All Rights Reserved
Template by Cara Gampang Modified by dzulAceh
Proudly powered by Blogger